Jumat, 05 Maret 2010 By: obet

Chip tahan lama

Chip tahan lamaPernah terbayangkah anda apa yang terjadi pada cacing yang mulai tua? Sekarang hal ini mungkin untuk memeriksa mereka sepanjang kehidupan dan berterima kasih pada peralatan microfluidic yang dikembangkan oleh ilmuan Amerika Serikat.

Peralatan ini, dibuat oleh George Whitesides dan para koleganya dari Universitas Harvard, di Cambridge, tempat bagi individu – individu cacing (Caenorhabditis elegans) di sekitar ruangan dan jaringan saluran microfluidic untuk mengirimkan makanan dan membuang kotoran. Kenyamanan di ruang tersebut memastikan bahwa cacing – cacing tersebut tidak dapat berpindah dari sudut pandang tanpa mengganggu gerakan renang normal mereka. Serta identitas cacing – cacing tersebut
dijaga yang memperbolehkan perkiraan tingkah laku dan perilakuan psikologi setiap individu.
Properti Caenorhabditis elegans dapat berguna dalam memelajari berbagai macam penyakit dan proses biologi, termasuk penyakit Parkinson, Alzheimer dan penuaan. Meskipun ada sejumlah peralatan microfluidic yang digunakan dalam memelajari cacing tersebut, ini merupakan peralatan pertama yang bisa digunakan untuk mengamati cacing – cacing individu sepanjang kehidupan mereka.
Setiap cacing dapat diamati di sepanjang kehidupan mereka
Whitesides menjelaskan teknologi baru ini dengan melacak perubahan yang berdasarkan umur pada ukuran tubuhnya dan tingkah laku berenang pada cacing – cacing individu disepanjang kehidupan dewasa mereka. ‘Peralatan kami didesain untuk membantu ahli biologist cacing untuk menggunakan penelitian – penelitian terkontrol dengan menggunakan statistik sejumlah besar ccing – cacing,’ kata Whitesides. Ini akan memudahkan para peneliti untuk memelajaritingkat variasi yang ada di populasi cacing – cacing identik secara genetik, tambah dia.
Hang Lu, seorang ahli pada teknologi microfluidic dari Georgia Institute of Technology, Atlanta, US, menyatakan bahwa ‘ini merupakan alat yang rapi dan sederhana untuk mengkulturkan Caenorhabditis elegans selama berhari – hari dan mengamati gerakan mereka, sesuatu yang telah lama para ahli biologist inginkan untuk memelajari tentang penuaan.’
Keith Farrington

0 komentar:

Posting Komentar