Sabtu, 27 Februari 2010 By: obet

Sebuah Fakta dalam Tisu

Salam Hijau...

Bloggers...Anda pasti sudah tau apa itu tisu kan?..Kertas tipis yang biasa ada di tas Anda, terutama bagi cewek-cewek atau pun ada di toilet Anda..Ternyata tisu itu memiliki peranan cukup serius terhadap perubahan iklim yang terjadi..


Langsung aja di simak yaa....

Sekitar 27,000 pohon di planet ini dibuat ke dalam kertas setiap hari.
Setelah digunakan, kertas tisu tidak dapat didaur ulang lagi.

Untuk memenuhi permintaan besar untuk kertas, hutan asli (di negara-negara tropis seperti Indonesia, hutan-hutan asli yang berarti hutan heterogen, hutan dengan keanekaragaman tinggi pohon-pohon) berubah menjadi "pohon tanah pertanian" atau spesies tunggal hutan seperti hutan eukaliptus. Semua itu mengubahn hutan itu menjadi hutan produksi. Kelangsungan hidup berbagai hewan tergantung pada keberadaan spesies tanaman tertentu yang ada di hutan. Berakibat terhadap ekosistem hutan yang terganggu.
Setelah memperkenalkan ke penduduk asli hutan, eukaliptus, yang cepat tumbuh pohon dengan akar kuat yang mampu menyerap sejumlah besar air bawah tanah, akan meninggalkan pohon asli kekurangan air. Hal ini juga menimbulkan dampak bagi masyarakat sekitar hutan, karena dengan banyak berkurangnya pohon akan berpotensi menimbulkan bencana.

Proses pembuatan kertas, termasuk pembuatan tisu, membutuhkan tekhnik chipping (memotong-motong menjadi irisan tipis), grounding (meratakan permukaan), pressing (memadatkan), drying (mengeringkan) and chlorine bleaching wood (pemutihan kayu dengan klorin). Proses pemutihan menggunakan klorin dan merkuri, berbahaya bagi manusia serta lingkungan disekitar Anda.

Cara untuk kita berkontribusi pada Mother Earth' s untuk menghadapi fakta ini yaitu: Gunakan tisu toilet dan kertas tisu secukupnya sesuai dengan kebutuhan, Gunakan saputangan sebagai pengganti tisu, atau Gunakan pengering elektrik untuk mengeringkan tangan (dan jangan gunakan tisu setelahnya!!). Biasanya pengering elektrik mampu digunakan lebih dari 7 tahun.
Berfikirlah tentang keuntungan ekonomisnya, bandingkan dengan penggunaan tisu yang tentunya berdampak negatif bagi kita. Mungkin tidak sekarang kita rasakan dampaknya, tapi 5 tahun yang akan datang Anda akan merasakan dampak buruk penggunaan tisu tersebut..

0 komentar:

Posting Komentar