Selasa, 16 Maret 2010 By: obet

Bank Benih Norwegia a.k.a Kubah Kiamat a.k.a Doomsday Vault


Kubah Kiamat Doomsday Vault Kutub Utara Norwegia, merupakan sebuah bangunan yang sangat kuat serta secara resmi sebagai tempat penyimpanan benih yang berasal dari seluruh negara di dunia ini. Doomsday Vault atau Kubah Kiamat ini dibuat di dalam sebuah gunung beku di kepulauan Svalbard, Norwegia, 1.100 Kilometer dari Kutub Utara. Kubah Kiamat ini berfungsi untuk menyimpan biji - bijian dari seluruh dunia guna melindungi plasma nutfah. Plasma nutfah digunakan sebagai bahan pangan jika semua ekosistem mengalami kerusakan parah.





Bank tersebut memiliki pintu tahan ledakan ganda dengan sensor gerakan, dua pengunci udara (airlocks), dan dinding beton dari baja murni dengan ketebalan kurang lebih satu meter. Dilan Kubah ini akan mampu memuat lebih dari tiga juta jenis benih yang berbeda dari seluruh dunia. dengan begitu, menurut Pemerintah Norwegia, keanekaragaman benih dapat terpelihara untuk masa depan. Benih benih akan dibungkus secara khusus untuk mengeluarkan embun atau uap lembab.

Sebanyak 104 negara telah menyimpan jenis beras dari masing masing negaranya di Doomsday Vault. Benih lain seperti gandum, kacang kacangan, selada, kentang dan yang lainnya sudah disimpan di Kubah Kiamat ini. Benih itu disimpan secara beku untuk jangka waktu beratus - ratus tahun lamanya.



Dua tahun setelah menerima simpanan pertamanya, bank benih “kiamat” yang terletak di sebuah pulau terpencil di samudra Arktik telah mengumpulkan setengah juta sampel bibit. Jumlah simpanan benih tersebut membuat gudang raksasa itu tempat peyimpanan benih tanaman pangan paling beragam di dunia, kata pengelola gudang itu, Kamis lalu.

Cary Fowler, kepala yayasan yang menangani koleksi biji tersebut mengatakan fasilitas yang terletak 1.000 kilometer dari Kutub Utara itu kini menyimpan sedikitnya sepertiga benih tanaman pangan dunia. “Seumur hidup saya, saya tidak menyangka kami akan mencapai lebih dari 1,5 juta,” ujarnya.”Saya akan sangat terkejut bila kami bisa mencapai lebih dari satu juta bibit. Pada titik itu, kamu akan mempunyai seluruh jenis biji tanaman pangan dunia yang beraneka ragam, serta sampel yang teraman.”

0 komentar:

Posting Komentar