Sabtu, 03 Juli 2010 By: obet

Belajar dengan Meniru

Ada sebuah ungkapan: "Peniruan adalah mencuri ide orang lain atau mungkin juga berupa bentuk tertinggi dari sanjungan yang berlebihan". Tapi, kita tahu bahwa orang itu tidak dapat pintar begitu saja tanpa ada proses pembelajaran. Salah satunya dengan meniru hingga dia bisa mengerjakannya sendiri. Kita juga harus menjadi orang yang cerdas. Perngertian cerdas yang dimaksud bukanlah sekedar pintar, tetapi pandai menggunakan gagasan orang lain agar bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
Seperti inilah kerja otak manusia. Sejak kecil, saat Anda berusaha meniru kata-kata yang terdengar di rumah, kemudian menggunakannya sendiri, otak itu sebenarnya berusaha menyalin dan meniru dari yang dilihat dan didengar. Maka itu, sangatlah penting untuk memberi kesempatan kepada otak untuk meniru. Meniru merupakan salah satu alat Bantu penting di Era Pengetahuan saat ini, dimana modal intelektual bukanlah hal yang sangat penting.
Untuk berhasil, Anda harus berusaha di dalam situasi dimana Anda dapat meniru peran model yang terbaik.Anda harus mempercayai teknik ini sebagai cara mempelajari hal baru, mengenali keterampilan sosial yang dibutuhkan untuk memampukan Anda untuk meniru, lalu menjadikannya bagian dari kebiasaan belajar Anda.


Ada 6 cara untuk mendapatkan manfaat dari meniru orang lain:
  1. Habiskan waktu bersama orang yang Anda kagumi: Dalam waktu yang singkat Anda akan mampu meniru tingkah dan pendekatan yang digunakan oleh orang-orang terdekat Anda. 
  2. Carilah program televisi atau film yang memberikan contoh baik untuk ditiru: meniru juga harus berhati-hati dengan informasi yang didapatkan.
  3. Bacalah biografi orang yang Anda kagumi: Biografi sering berisi wawasan tentang tingkah laku kebiasaan yang pantas ditiru serta tips-tips menjadi sukses.
  4. Bertemanlah dengan orang yang berasal dari berbagai lingkungan dan menunjukan tingkah laku yang pantas ditiru: Anda akan mendapatkan wawasan yang berharga dan tanpa sadar Anda akan meniru tingkah laku orang itu.
  5. Jangan menghabiskan waktu dengan orang yang berpandangan negatif: Anda akan tertular dengan pikiran-pikiran negatif mereka.
  6. Ketika menghadapi situasi yang sulit, jangan lupa untuk mencatat cara penyelesaiannya: Jadi Anda tidak pernah lupa dan juga dapat berbagi pengetahuan dengan orang lain.
Setelah mengetahui pentingnya meniru, berbagai cara di atas akan menjadi sesuatu yang penting yang harus Anda lakukan, dengan begitu Anda akan dapat menggali potensi Anda yang sebenarnya.

0 komentar:

Posting Komentar