Jumat, 02 April 2010 By: obet

Seekor Penyu Belimbing Berenang dari Papua ke Oregon

Salah satu penyu belimbing yang diberi alat pelacak satelit dilepas dari pantai Papua, Indonesia

Perjalanan seekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea) ini mungkin yang terpanjang sepanjang sejarah. Betapa tidak, untuk mencari makan ia harus berenang dari pantai Papua hingga ke pantai Oregon, AS.

"Ini seekor hewan yang sangat cocok untuk melakukan perjalanan seperti ini," kata Scott Benson, peneliti bidang biologi kelautan dari National Marine Fisheries Service AS. Lembaga yang ikut menyokong program pemantaun penyu ini melaporkan hasil pelacakannya bulan lalu.
Penyu selama ini dikenal sebagai hewan laut yang memiliki daya jelajah sangat luas. Penyu belimbing banyak bertelur di kawasan pantai Indonesia yang masih bebas dari gangguan aktivitas manusia, namun begitu bertelur, mereka menjelajah hingga ribuan kilometer.
Jejak perjalanan penyu dilacak melalui alat penerima sinyal satelit yang ditempelkan di tempurungnya. Enam ekor penyu dipasangi alat tersebut sejak tahun 2003.
Salah satunya tercatat melakukan perjalanan paling jauh dengan berenang hingga ke Oregon. Penyu tersebut sedang dalam perjalanan kembali ke Hawaii sebelum baterai transmiternya mati. Total jarak terjauh yang sudah ditempuh penyu tersebut mencapai 20.438 kilometer selama 647 hari.

0 komentar:

Posting Komentar